info@gmsindonesia.co.id Jalan Kalimantan, No. 15 B, Kel. Beji, Kec. Beji, Kota Depok 16421. Provinsi Jawa Barat - Indonesia
6 Des

ISO 14001:2015

  • By: gmsindonesia
  • Artikel
  • Komentar Dinonaktifkan pada ISO 14001:2015

PT. Global Manajemen Sertifikasi – GMS IndonesiaISO 14001 merupakan salah satu bagian dari seri ISO 14000. Seluruh bagian dari seri ISO ini adalah berkenaan tentang manajemen lingkungan. Sebelum anda menggunakan jasa konsultan ISO 14001 kami, perlu anda ketahui tentang tujuan dari adanya Standard sistem manajemen lingkungan ini:

  1. Untuk membantu Organisasi mengurangi efek negatif terhadap lingkungan (baik darat, air ataupun udara) atas seluruh operasional yang mereka jalankan.
  2. Untuk membantu Organisasi dalam rangka mentaati seluruh aturan tentang Lingkungan yang berlaku, regulasi ataupun persyaratan lain berkait dengan lingkungan.
  3. Membantu organisasi meningkatkan kualitas atas kedua hal tersebut.
  4. Standar sistem manajemen lingkungan sebenarnya bukanlah standar internasional untuk sistem manajemen lingkungan sebagaimana diistilahkan. ISO ini sama sekali tidak mengatur secara absolut persyaratan tentang performa terhadap lingkungan yang harus dipenuhi oleh suatu Organisasi.
  5. Standard ISO ini lebih pas jika dianggap sebagai kerangka kerja (framework) untuk membantu Organisasi dalam mengembangkan sistem manajemen lingkungan mereka sendiri. Organisasi dapat mengintegrasikan standar ISO 14001 dengan fungsi manajemen lainnya demi mencapai tujuan lingkungan ataupun tujuan ekonomis yang mereka punyai.

ISO 14001 tidak membatasi secara pasti suatu organisasi dalam menentukan tujuan mereka dalam menjaga kelestarian lingkungan, namun lebih ke arah bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan kelestarian lingkungan yang mereka targetkan sendiri. Kesuksesan dari sistem manajemen lingkungan yang dijalankan Organisasi sangat bergantung pada komitmen seluruh level dalam organisasi, khususnya level atas organisasi sebagai pengontrol level dibawahnya.

Sebagaimana ISO 9001, standar dalam ISO Sistem manajemen lingkungan ini, dapat pula digunakan untuk berbagai level organisasi, baik yg memproduksi barang atau penyedia jasa. Prinsip-prinsip dasar dan juga metodologi yang digunakan dalam ISO 14001 juga sama dengan standar ISO lainnya, yaitu PDCA (Plan, Do, Check, Act).

MANFAAT ISO 14001
Keuntungan atau manfaat dengan diperolehnya sertifikat ISO 14001 bagi Organisasi kurang lebihnya dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Organisasi, dengan sistem manajemen mutu yang mereka targetkan dan kembangkan terus-menerus, secara tidak langsung juga mengurangi potensi mereka untuk menderita kerugian yang diakibatkan oleh denda atas rusaknya lingkungan sebagai dampak dari operasional mereka.
  2. Penghematan anggaran organisasi. Sebab dengan diberlakukannya Sistem Manajemen Lingkungan, organisasi menjadi lebih ketat dalam hal efisiensi sumberdaya dan biaya.
  3. Organisasi menjadi lebih responsif untuk menyesuaikan diri dengan peraturan terbaru tentang Lingkungan sehingga (sekali lagi) mengurangi resiko terkena denda atas polusi yang mungkin ditimbulkan.
  4. Menguatkan merek dagang dari organisasi tersebut (jika ada). Sebab dengan memberlakukan Sistem Manajemen Lingkungan, dapat membuat lebih banyak orang menjadi simpatik sebab organisasi yang bersangkutan sangat memperhatikan dan berusaha meminimalisir dampak lingkungan yang sekiranya mereka timbulkan.

Manfaat Sistem Manajemen Lingkungan atau dengan kata lain manfaat Sertifikat ISO 14001 bagi Perusahaan yang mendapatkannya adalah :

  1. Menurunkan potensi negatif/dampak negatif terhadap lingkungan
  2. Meningkatkan kinerja lingkungan
  3. Memperbaiki tingkat pemenuhan peraturan tentang Lingkungan
  4. Mengurangi dan mengatasi resiko lingkungan yang mungkin timbul
  5. Dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan pendapatan
  6. Dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja
  7. Dapat memelihara hubungan baik dengan masyarakat, pemerintah, ataupun terhadap pihak-pihak lain yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan
  8. Memberikan jaminan kepada konsumen mengenai komitmen pihak Top Manajemen terhadap lingkungan
  9. Dapat mengangkat Citra Perusahaan
  10. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
  11. Memperbesar Pangsa Pasar
  12. Mempermudah dalam memperoleh Izin dan Akses Kredit Bank
  13. Meningkatkan motivasi para pekerja
  14. Meningkatkan hubungan dengan pemasok
  15. Sebagai langkah menuju pembangunan yang berkelanjutan

PENERAPAN ISO 14001
Perusahaan yang menerapkan sistem manajemen lingkungan berpotensi drastis untuk mengalami pengurangan pencemaran lingkungan hingga 20% (berdasarkan Data Kajian Penerapan ISO-14001 yang diterbitkan oleh BSN).

Penerapan memberikan cara mengidentifikasi secara sistematiok dan mengelola resiko lingkungan serta liability sehingga mengurangi keluhan masyarakat hingga 20%. Walaupun suatu Perusahaan telah memutuskan untuk menerapkan, seringkali masih terdapat kendala-kendala yang mengganggu penerapan Sistem Manajemen Lingkungan itu sendiri antara lain dikarenakan:

  • Komitmen Top Manajemen yang kurang; sehingga
  • Mengakibatkan motivasi keseluruhan kurang
  • Sosialisasi dari pihak manajemen terkait Sistem Manajemen Lingkungan masih kurang sehingga pengetahuan karyawan sangat minim; akibatnya
  • Partisipasi dan Kesadaran Karyawan terhadap lingkungan tidak meningkat

PERANAN JASA KONSULTAN ISO 14001
Kendala-kendala sebagaimana disebutkan dalam poin-poin tersebut diatas dapat terbantu penyelesaiannya dengan jasa konsultan ISO 14001. Terutama terkait tentang peningkatan kesadaran manajemen puncak (untuk membangkitkan komitmen) sehingga meningkatkan motivasi yang dampak berimplikasi pada proses sosialisasi dari manajemen puncak kepada seluruh karyawan. Jasa Konsultan ISO 14001 juga dapat berperan dalam memberikan training ISO 14001 kepada karyawan.

Tentu saja, manfaat akhir dari keberadaan jasa Konsultan ISO 14001 bagi perusahaan adalah untuk membantu proses sertifikasi ISO 14001 yang ingin diraih oleh Perusahaan. Mempersiapkannya sebaik mungkin, baik dalam tujuan untuk melalui proses sertifikasi hingga untuk hal perpanjangan sertifikat ISO 14001.

Adapun proses sertifikasi ISO 14001 tidak ubahnya seperti proses yang ada dalam ISO 9001. Jangka waktu dari sertifikat ISO 14001 pun sama, yaitu selama 3 tahun dengan surveilance audit secara berkala dalam masa itu dan selanjutnya melakukan audit resertifikasi untuk perpanjangan.

Sitemap  |  Rss Feed  |  Privacy Policy  |  Disclaimer

 

× Whatsapp